Top

Ditengah Pandemi Covid-19 Seba Baduy 2021 dilaksanakan secara terbatas

Ditengah Pandemi Covid-19 Seba Baduy 2021 dilaksanakan secara terbatas

Lebak (21/5/2021) – Seba Baduy merupakan tradisi tahunan warga baduy mengunjungi Ibu Gede (Bupati Lebak) untuk menyerahkan hasil alam yang dikelola oleh masyarakat baduy.

Tradisi ini rutin dilakukan sebagai rasa syukur akan akan hasil panen, namun pada tahun ini acara seba baduy digelar dengan terbatas dan disiarkan secara virtual online. Warga Baduy yang biasanya berbondong-bondong ribuan orang melakukan kunjungan seba ke pendopo kabupaten lebak, namun saat ini masih terjadi pandemi covid-19 yang mengharuskan warga baduy mentaati protokol kesehatan dengan yang datang hanya perwakilan dari baduy dalam dan baduy luar.

Pada prosesi seba Jaro Saidi menyampaikan pesanya dalam agar bersama-sama dengan Pemerintah Daerah dapat menjaga alam di kabupaten lebak khususnya alam baduy. Karena alam adalah tempat bernaung kita untuk itu mari kita jaga alam, Ungkap Jaro Saija yang sudah di terjemahkan kedalam bahasa indonesia.

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya,S.E.,M.M yang secara langsung hadir dan menerima kunjungan Seba Baduy mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat baduy dalam upaya pencegahan penularan covid-19 kini walau hanya yang datang dengan jumlah yang terbatas, namun tidak mengurangi rasa khidmat prosesi seba dan kecintaan Pemerintah pada Seluruh Masyarakat Baduy.

Selain itu juga, Pemerintah akan terus berupaya menjada baduy sebagai salah satu adat warisan leluhur yang harus dijaga selama-lamanya. Dan Penghargaan serta Terimakasih pada warga baduy, karena baduylah yang sampai saat ini komitmen dalam menjaga kelestarian alam.

Share
No Comments

Post a Comment